KKN Uniska “Pemulihan Dampak Sosial, Ekonomi, Lingkungan Fisik dan Mental Pasca Banjir di Kecamatan Beruntung Baru”

Wakil Rektor I Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) Dr H Jarkawi menyebutkan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.

“Bagi mahasiswa, kegiatan KKN dilaksanakan sebagai pemahaman belajar yang baru dan yang tidak akan pernah diperoleh di dalam kampus,” ujar Dr H Jarkawi.

Wakil Ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Kalsel ini mengakui, KKN Uniska MAB Banjarmasin semester ganjil 2020/2021 merupakan KKN Tematik, dimana program kerja dititikberatkan pada pemulihan dampak sosial, ekonomi, lingkungan fisik dan mental pasca banjir di Kecamatan Beruntung Baru. “KKN Tematik dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari  sampai dengan 19 Maret 2021,” tambah mantan Dekan FKIP Uniska Banjarmasin di hadapan peserta sosialisasi bertema Pemulihan Dampak Sosial, Ekonomi, Lingkungan Fisik dan Mental Pasca Banjir di Kecamatan Beruntung Baru.

Dari program studi tersebut mendaftarkan mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan KKN yang berjumlah 1.300 orang terdiri dari 48 kelompok. Dosen Pembimbing Lapangan terdiri 24 orang. Dan Perkelompok berjumlah 27 orang peserta KKN.

Sedangkan untuk teknis kegiatan peserta KKN dilakukan secara tematik, dilakukan secara langsung dan online. “Untuk peserta KKN yang turun kelapangan berjumlah sekitar 2 sampai 5 orang peserta dari setiap kelompok dan sisanya dilakukan secara online,” tuturnya.

Menurutnya, dasar hukum pelaksanaan yakni

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Undang-Undang Nomor: 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Undang-Undang Nomor: 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Bidang Pendidikan Tinggi
  5. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  6. SK REKTOR No 162/UNISKA/A.15/VII/2019 Tentang KKN dan Menetapkan Kewajiban KKN di UNISKA dibebankan Maksimal 3 SKS
  7. SK REKTOR No 163/UNISKA/A.15/VII/2019 Tentang Pemberlakuan MK KKN UNISKA

Program kerja terbagi menjadi 2 yaitu Program Kerja Wajib dan Program Kerja Tambahan Mencakup, pertama, Program Kerja Wajib berupa program kerja kegiatan ke-Islaman. Kedua, Program Kerja Tematik berupa program kerja yang berkaitan dengan tema KKN yakni pemulihan damapk ekonomi, sosial, lingkungan fisik dan Mental Pasca Banjir di Kecamatan Beruntung Baru.

Kemudian, lokasi KKN Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin semester ganjil tahun akademik 2020/2021 ditetapkan adalah di kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar, terdiri dari 12 desa sebagai berikut:

  1. Desa Haur Kuning
  2. Desa Lawahan
  3. Desa Handil Purai
  4. Desa Pindahan Baru
  5. Desa Tambak Padi
  6. Desa Rumpiang
  7. Desa Kampung Baru
  8. Desa Jambu Burung
  9. Desa Selat Makmur
  10. Desa Babirik
  11. Desa Muara Halayung
  12. Desa Jambu Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *