Dosen UNISKA Bimbing Guru BK Tabalong Agar Tak ‘Jadul’

Banjarmasin, BARITO
40 guru Bimbingan Konseling di Kabupaten Tabalong mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) dari tiga Dosen, Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Senin (6/8).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Tabalong itu, menurut Wakil Rektor I, DR Jarkawi, yang juga selaku nara sumber dalam acara. Pembimbingan kepada guru BK soal pendidikan konseling di setiap sekolah-sekolah harus diberikan sesuai dengan keadaan sekarang. Sebab, apabila hal itu terlambat diberikan, maka akan menjadi masalah yang serius, baik itu pada gurunya, siswanya dan bisa berimbas pada sekolah tentunya.

“Guru BK bukan hanya mengajarkan konseling tapi penerapan ilmunya harus sesuai zaman yang serba teknologi ini. Dengan itu apa yang disampaikan kepada target bisa diterima dengan baik,” kata Mantan Dekan FKIP UNISKA ini melalui ponselnya, Rabu (8/8).

Ia melanjutkan, perkembangan pengetahuan teknologi yang semakin pesat harus diantisipasi oleh para guru BK, dimana harus bisa menjelaskan pengaruh sosial media bagi para anak didiknya, karena sosial media yang beredar tidak tervalidasi, sehingga harus diberi pengertian kepada anak didiknya.

“Karakter anak didik sekarang harus dikuasai oleh guru BK dan guru harus bisa memasukinya,” katanya.

Permasalahan lainnya yang sering terjadi pada anak dan remaja seperti permasalahan penggunaan narkoba, radikalisme, terorisme, dan seks bebas. Semua itu juga harus dipahami guru BK.

“Intinya, pola pendidikan yang dilakukan dulu, sekarang susah masuk pada anak zaman sekarang.
dengan materi dan teknik yang baru konseling yang diberikan akan maksimal,” ujarnya.

ia menambahkan lagi, peran guru BK sangat sentral dalam memajukan anak didiknya. Peran guru BK juga bisa mengarahkan minat dan bakat siswa, karena perannya lebih dari sekedar konselor, namun untuk menambah wawasan.

Sumber Berita : https://www.baritopost.co.id/dosen-uniska-bimbing-guru-bk-tabalong-agar-tak-jadul/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *