DAMPAK COVID-19 TERHADAP INDUSTRI DI KALSEL

Yassyir Maulana, S.T., M.T

Bukan hanya dunia kesehatan Indonesia yang terguncang dan terdampak akibat masuk dan menyebarnya covid-19 ke seluruh wilayah Indonesia tetapi juga dunia industri juga ikut terdampak. Dampak yang timbul akibat covid-19 terhadap dunia industri Indonesia adalah banyaknya perusahaan yang tutup sementara untuk menghindari penyebaran covid-19 secara luas, sehingga imbasnya ribuan tenaga kerja diliburkan bahkan dirumahkan (PHK) , hal ini juga dialami oleh dunia industri di provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan Data Dinas Koperasi UMKM dan Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin menyebutkan pada Bulan Mei ada sekitar 1.523 orang tenaga kerja dirumahkan. Sementara ratusan orang lainnya, harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dari tempatnya bekerja.

Berdasarkan data dari DISPERIN (dinas perindustrian) kalsel, tercatat ada sekitar 2728 industri yang telah terdaftar di DISPERIN tersebut. seperti industri kerajinan tangan, industri perkayuan, minyak goreng, pangan dan lain-lain. beberapa industri yang terdampak karena covid-19 ini yaitu ukm (usaha kecil menengah) dan umkm (usaha mikro kecil menengah) khususnya industry UMKM Kerajinan Tangan pembuatan kain Sasirangan, industri pengolahan CPO (Crude Palm Oil), industri kreatif seperti Event Organizer dan Industri Properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *