Aplikasi ‘Orai’ Mudahkan Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Banjarmasin, BARITO
Zaman yang serba teknologi ini tidak ada alasan lagi kata ‘sulit’ untuk belajar bahasa inggris. Pasalnya sekarang sudah banyak metode pelatihan yang digunakan tidak hanya mengandalkan buku saja.

Menurut Wakil Rektor I UNISKA MAB, DR Jarkawi, banyak inovasi alternatif dalam metode pendidikan bahasa inggris itu.

Apalagi sekarang sudah banyak muncul aplikasi yang bisa diunduh di gadget atau smart phone, dan tentunya metode melalui aplikasi bisa lebih menyenangkan bagi siswa didik.

“Inovasi proses pendidikan bahasa inggris melalui aplikasi di gadget, bisa lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Selain itu juga mempermudah pendidik dalam proses ajar mengajar,” katanya melalui ponselnya, Sabtu (11/8).

Akademisi senior UNISKA ini melanjutkan, di era ini harus bisa memanfaatkan berbagai macam bentuk teknologi canggih sekarang.

Seperti yang diketahui, pelajar setingkat sekolah dasar sekarang sudah mampu untuk mengoperasikan komputer dan smartphone dengan baik.

“Ketertarikan mereka terhadap audio visual inilah yang harus kita manfaatkan untuk bisa membuat mereka mampu untuk menyerap pelajaran dengan cepat,” tuturnya.

Ria Meidina, Mahasiswa semester akhir FKIP, Prodi Bahasa Inggris UNISKA ini mengaku, dalam penelitiannya yang baru saja dilakukannya, sudah banyak guru yang mengkombinasikan sistem pengajaran bahasa inggris menggunakan media atau aplikasi dari gadget seperti Whatsup, instagram, Line dan Edmodo.

Namun, menurutnya kemampuan berbicara ( Speaking skill ) masih banyak guru yang belum menemukan inovasi terbaik dan mudah untuk di praktekan dari media tersebut.

Ia menyebutkan, ada aplikasi yang dinilianya lebih efektif. Aplikasi itu bernama Orai, dimana aplikasi bisa di download dengan mudah melalui playstore, sama seperti aplikasi diatas.

“Kelebihan Orai, mampu untuk mendeteksi berapa banyak fillers yang kita ucapkan ketika kita sedang berbicara, juga mampu mendeteksi berapa banyak kata yang kita ucapkan,” katanya.

Ia melanjutkan, menggunakan Orai di kelas, bisa mengkombinasikannya dengan materi pelajaran speaking saat itu seperti ‘describing’ people kemudian berikan siswa didik waktu sekitar 15 menit untuk menggunakan Orai dan setelah itu pilih secara acak untuk maju kedepan untuk langsung praktek berbicara.

“Orai juga bisa dijadikan Homework karena hasil rekaman suara kita di Orai bisa dikirim keberbagai Aplikasi lain,” katanya. 

 

Sumber Berita : https://www.baritopost.co.id/aplikasi-orai-mudahkan-belajar-bahasa-inggris-dengan-cepat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *