BANJARMASIN, klikklaslel – Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin memiliki Lembaga Pengkajian Keislaman (LPK).

Selain melakukan pengkajian Al Quran dan Hadist, LPK Uniska Banjarmasin ini juga kerap melakukan bedah buku bahkan penelitian tentang Islam maupun ulama Islam. Misalnya, Ulama Kharismatik asal Kalsel, Syekh Arsyad Al-Banjari.

Nah, baru-baru tadi sejumlah dosen yang tergabung dalam LPK itu melakukan penelitian dan pengkajian pemikiran Syekh Arsyad Al Banjari.

“Kini hasil penelitian dan pengkajian itu diaplikasikan melalui sebuah  buku berjudul Beyond Imagination Pemikiran Syekh Arsad Al-Banjari,” ungkap Kepala Lembaga Pengkajian Keislaman Uniska Dr H Muhammad Alfani, saat ditemui di ruang kerjannya, Senin (10/12/2018)

Wakil Rektor I Uniska, Dr H Jarkawi mengatakan, buku tersebut memberikan wawasan ke Islaman berlandaskan Syekh Arsyad Al Banjari, yang bersumber dari Al Quran dan Hadist.

Sehingga bisa diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu tentang pengetahuan hukum Islam, ekonomi Islam, manajemen Islam dan sebagainya.

Ia mengapresiasi penelitian LPK Uniska tersebut. Apalagi, LPK yang mempunyai tujuan mencegah paham radikalisme yang masuk kampus Uniska.
“Saya harap, penelitian dan penerapan yang dilakukan membuka wawasan ke Islaman sehingga dapat menangkal masuknya berbagai paham yang merugikan,” tandasnya.(azka)

Editor : Farid

Sumber : https://klikkalsel.com/uniska-banjarmasin-keluarkan-buku-beyond-imagination-pemikiran-syekh-arsyad-al-banjari/

Leave a Comment