Banjarmasin, BARITO
Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB bekerjasama dengan Mitra Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin melakukan Seminar dengan sejumlah mahasiswa dan guru sekota Banjarmasin tentang Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP), Rabu (15/8).

Menurut Wakil Rektor I, DR Jarkawi, pelaksanaan acara tersebut sebagai tindak lanjut Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang Standart pendidikan guru, dimana Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik ( LPTK) perlu melakukan rekonstruksi pendidikan baik pada Program Sarjana atau pun Pendidikan Profesi Guru ( PPG).

“Selain itu, acara juga sekaligus dalam rangka peningkatan mutu proses seoranh profesi guru,” katanya diruangan kerjanya.

Ketua UPPL UNISKA selaku nara sumber dalam acara mengatakan,
kegiatan sebagai penyiapan seorang guru profesional dimana persiapan tersebut dimulai dari tatanan akademik atau pendidik lainnya.

“Hal tersebut sebagai guna calon pendidik agar lebih memahami, mengetahui, menghayati, menjiwai serta memiliki kemampuan kritis dan analisi terhadap profesinya sebagai tenaga pendidik,” ucapnya setelah acara.

Ia menjelaskan lagi, perlu diketahui PLP yang sejatinya untuk membangun jati diri seorang pengajar dimana diharapkan sebagai seorang guru yang profesional itu tidak hanya berprofesi sebagai pengajar, namun juga mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi siswa. Sebagai guru, dituntut menjadi sosok yang mampu menanamkan nilai-nilai terhadap siswa hingga mencapai kedewasaan.

“ PLP adalah tahapan kedepan sebagai seorang guru profesional sehingga bisa mencerdaskan bangsa,” Tambah Kaspul.

Sementara itu salah seorang peserta, Ahmad Basuki, guru Bahas Inggris di SMPN 1 Banjarmasin mengatakan, seminar tentang PLP tersebut sangat baik serta memberikan wawasan dimana seorang tenaga pengajar seperti dirinya tidak hanya di tuntut memberikan pelajaran, namun membuka pengetahuan tentang fungsi dan tugas seorang tenaga pengajar.

“Banyak yang tidak diketahui sebelumnya tugas dan peran seorang pendidik, bukan hanya memberikan pelajaran tetapi memberikan yang terbaik bagi generasi penerus terutama para siswa dan siswi,” katanya.

Sumber Berita : https://www.baritopost.co.id/tugas-guru-bukan-hanya-mengajar/

Leave a Comment