BANJARMASIN, BBCOM – Rektor Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari, Abdul Malik menginginkan geliat penelitian di kampusnya semakin maju. Bukan hanya di level nasional, namun juga internasional.

“Kami harapkan nantinya jurnal penelitian yang dilakukan dapat tembus jurnal nasional dan internasional,” tegasnya kepada wartawan beritabanjarmasin.com, Senin (16/7).

Sebagai langkah konkret pihaknya mencoba mengusulkan penelitian dosen, mahasiswa, skripsi, tesis, atau peneilitian dari setiap fakultas. Selain itu untuk mengoptimalkan jurnal penelitian, akan lebih banyak digelar pekan ilmiah, seperti yang dilakukan hari ini. “Jadi dengan adanya kegiatan pekan ilmiah ini kita akan tahu fakultas mana yang produktif dan tidak,” urai dia.

Selain itu, kegiatan pekan ilmiah ini ditargetkan mampu memicu animo penelitian di Uniska terutama untuk masalah publikasi.

Seperti kita ketahui bersama Tridarma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penilitian, dan pengabdian masyarakat. Penilitian memiliki dampak yang tinggi bagi dosen dan institusi karena akan dipublikasi menjadi jurnal yang akan dijadikan referensi.

Hal senada disampaikan Ketua Yayasan  Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Gusti Irhamni. Menurutnya kegiatan ilmiah harus lebih digalakkan karena selama ini kurang optimal.

Sementara itu, Rahmad Nopliardi, Ketua Panitia Pekan Ilmiah mengungkapkan, acara ini bertujuan menciptakan atmosfer akademik di lingkungan kampus. Sebab, selama ini kegiatan akademik hanya bersifat rutinitas. Dosen menurutnya harus menghadirkan masa depan agar ilmu itu up to date.

Sehingga melalui pekan ilmiah ini dosen dan mahasiswa diharapkan melakukan penelitian untuk keterbaharuan ilmu. “Universitas itu berperan dalam membuat panggung untuk memfasilitasi, sedangkan dosen dan mahasiswa melakukan penelitian. Jika mereka semangat melakukan penelitian, Tridarma Perguruan Tinggi itu jalan,” tandasnya. (puji/sip)

Sumber : http://www.beritabanjarmasin.com/2018/07/pekan-ilmiah-diperbanyak-uniska-genjot.html?m=0

Leave a Comment