UNIVERSITAS Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari terus berinovasi.  Salah satunya,  dengan menyelenggarakan ajang bergengsi Pekan ilmiah mahasiswa (PIM) perdana yang digelar setelah puluhan tahun berdiri.

MENGANGKA tema  Social, Humaniora, Science and Technology in Disruptive Era, kegiatan ini akan diselenggarakan mulai 16 hingga 19 Juli 2018 dengan serangkaian kegiatan. Dari seminar nasional hasil penelitian dan pengabdian masyarakat hingga expo civitas dan pameran buku.

Wakil Rektor I Uniska, Dr H Ahmad Zarkawi mengungkapkan pekan Imiah mahasiswa merupakan  langkah strategis meningkat atmosfer ilmiah dan akademik di kalangan civitas akademika kampus hijau dan meningkatkan publikasi Ilmiah.

“Riset yang diseminarkan adalah buah karya skripsi mahasiswa dan penilitian dosen Uniska,selain sebagai bentuk apresiasi. Ini juga akan melatih kemampuan berbicara civitas akademika di depan khalayak umum,” ucap Zarkawi.

Menurut dia, sebagian riset mahasiswa akan dikirim ke jurnal berindeks Science and Technology Index (SINTA) – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Sebelumnya pihak panitia hanya menargetkan sekitar 50 artikel ilmiah namun yang masuk lebih dari 80 artikel, poster ilmiah juga melebihi target dari 20 target awal ada lebih 30 poster ilmiah masuk,” jelasnya.

Zarkawi bersyukur yang berpartisipasi pada pekan ilmiah mahasiswa tahun ini bukan hanya dari kalangan internal Uniska, namun juga diminati sebanyak enam perguruan  tinggi luar Kalimantan dan hanya satu perguruan tinggi di Kalimantan.

“Yayasan Uniska mengapresiasi pekan ilmiah mahasiswa, pihak yayasan pun meminta pada PIM selanjutnya ada artikel dan poster ilmiah bernuansa Islam dan pekan ilmiah mahasiswa ini sudah masuk dalam kalendar akademik yang digelar setiap semester,” kata jebolan Doktor Universitas Islam Nusantara Bandung.(jejakrekam)

Penulis : Husaini

Editor   : Fahriza

Sumber : http://jejakrekam.com/2018/07/16/diikuti-enam-perguruan-tinggi-diluar-kalimantan-uniska-gelar-pekan-ilmiah-mahasiswa/

Leave a Comment